cara mengatasi dan penyebab sakit mata bayi

Cara Mengatasi dan Penyebab Sakit Mata Bayi ~ Kesehatan pada masa bayi adalah masih sangat rentan terhadap terpaan berbagai macam penyakit karena sistem daya tahan tubuh bayi yang masih sangat hijau sehingga virus atau bakteri akan sangat mudah sekali menyerangnya.

Demikian halnya dengan mata bayi, yang merupakan salah satu organ tubuh yang sulit untuk ditutupi / dihindarkan dari serangan virus atau bakteri. Kita tahu bahwa mata merupakan organ tubuh yang amat vital dan sensitif, Jika ada sedikit saja gangguan yang mengenainya akan dapat berakibat fatal.
 
Oleh karena itu sebaiknya, Jauhkan bayi Anda dari hal-hal yang berpotensi mengancam kesehatan matanya, misalnyai jauhkan bayi dari jangkauan debu, Upayakan cegah tangannya dari kontak langsung dengan matanya. Karena kita tahu bahwa bayi menggunakan tangannya untuk meraih apapun yang di dekatnya, Saat itu kita tidak tahu ada tidaknya virus atau bakteri yang menempel dan jika ada tentu akan berpindah ke tangan mungilnya yang berpotensi menyentuh mata si bayi.

Berikut ini beberapa penyebab sakit mata pada si bayi :

1. Akibat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, secara tidak sadar tangan terkontaminasi bakteri atau virus yang berasal dari barang yang disentuhnya sehingga akhirnya berpindah ke mata ketika mengucek atau menyentuh sekitar mata bayi.

2.Adanya radiasi berlebih dari perangkat elektronik

3.Secara tidak sengaja, Masuk bakteri dan debu jalanan saat berpergian

4. Kekurangan vitamin A

5. Terkontaminasi antar sesama saat bermain / bersentuhan

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi sakit mata bayi, antara lain :

1. Kebersihan Mata Bayi
Sebagai orang tua tentu harus mengutamakan kesehatan si mungil dengan senantiasa menjaga kesehatan mata bayi, misalnya terjadi "belekan" pada si bayi, bersegeralah untuk dibersihkan jangan dibiarkan hingga lama dan banyak, karena akan menjadi lebih parah dan menghalangi penglihatan pada si bayi.

2. Hindarkan Kontak Debu Secara Langsung
Saat bepergian keluar rumah sebaiknya menutupi wajah si bayi dengan kain yang dapat mengurangi kontak debu secara langsung. Dan upayakan jangan terlalu lama berada di luar rumah, untuk menghindari partikel-partikel kecil yang terbang mengenai mata si bayi.

3. Perhatikan Selalu Kesehatan Mata Bayi
Jika ada hal yang dirasakan tidak biasanya atau terdeteksi tidak normal pada mata bayi  Anda, sebaiknya cepat ditangani, jangan dibiarkan berlarut-larut dengan anggapan akan sembuh dengan sendirinya. Misalnya saja si bayi tiba-tiba menangis dan matanya merah, si bayi mengucek-ngucek matanya, sekitar lingkar mata memerah. Dan jika Anda tidak mengetahui penyebab sakit mata dan cara mengatasi sakit mata tersebut sebaiknya cepat-cepat periksakan ke dokter agar dapat memastikan hal apa yang terjadi.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat memicu terjadinya sakit mata pada bayi, semoga dapat memberikan manfaat.                                                      Softmadia

Posting Komentar

 
Top