Google Algorithma Brotli Mempercepat Loading Internet

Kita tahu bahwa masih banyak negara yang memiliki tingkat kecepatan internet sangat rendah. Internet yang lambat tentu akan mempengaruhi proses pencarian apapun, apalagi yang berhubungan dengan tampilnya gambar-gambar. Meski demikian pengguna internet tetap berupaya untuk tetap terhubung karena kebutuhan. Karena itu berbagai cara untuk meningkatkan kecepatan internet pun di cari dan diteliti.

Nah, Kabar gembira karena diluncurkannya teknologi baru yang membantu peningkatan kecepatan akses internet oleh Google.  Agar internet bisa dinikmati dengan nyaman walaupun di tempat yang minim internet, Google menciptakan algoritma baru yang disebut dengan Brotli.

Pada dasarnya Algorithma Brotli membantu mengecilkan gambar, font, dan konten lainnya. Harapannya, ukuran file yang lebih kecil akan menghasilkan waktu loading lebih cepat.

Sebenarnya, Brotli merupakan penerus dari Zopfli, kode kompresi lain dari Google yang dirilis beberapa tahun lalu. Dengan perkembangan ilmu dan teknologi, Brotli dibuat lebih efisien dibanding pendahulunya.

Menariknya, Google memberikan kode Brotli ini ke publik. Sehingga, para pengembang yang ingin membantu mengompres internet tanpa harus membuat kode mereka sendiri. Pengembang juga bisa membuat kode tersebut lebih menarik atau diubah sesuai keinginannya, tanpa membayar lisensi ke Google alias gratis.

"Kami berharap bahwa format ini akan didukung oleh browser utama dalam waktu dekat menjadi ukuran yang lebih kecil untuk memberikan manfaat kepada pengguna mobile, seperti biaya transfer data lebih rendah, dan mengurangi penggunaan baterai," ujar Zoltan Szabadka, Google engineer.

Mudah-mudahan saja pihak Google cepat merealisasikan algorithma ini sehingga tercapai kemajuan akses internet dan membantu menghemat quota.
sumber : merdeka.com

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top