Kecelakaan Pesawat TransAsia

Pesawat TransAsia jatuh dan telah mengakibatkan 31 orang tewas dan 12 orang masih dinyatakan hilang termasuk pilot dan co-pilotnya, Tetapi sang pilot yang bernama Liao Chien-Tsung mendapatkan pujian karena upaya yang mengarahkan jatuhnya pesawat TransAsia jauh dari pusat kota Taipei. Seperti yang diketahui bahwa pusat kota Taipei terdapat banyak bangunan tinggi termasuk apartemen. Bisa dibayangkan jika pesawat tersebut diarahkan jatuh di pusat kota maka akan memakan lebih banyak korban lagi.

Pesawat TransAsia GE235 yang melakukan tujuan penerbangan dari Taipei ke Kinmen Island dilaporkan telah mengalami kerusakan mesin sesaat setelah lepas landas dan melintas di lepas pantai Taiwan

Saat mulai kehilangan ketinggian setelah nyaris melintasi bangunan sebelum jatuh terbalik ke Sungai Keelung yang mengalir melintasi ibu kota Taiwan. Dari kabar setempat mengatakan bahwa diperkirakan jalur pesawat telah berubah yang membuat hal ini sebagai bukti bahwa Liao telah membanting setir menghidari pusat kota.

jatuhnya pesawat TransAsia

Banyak warga Taipei mengucapkan terimakasih kepada Liao melalui forum-forum dan Facebook. Diantaranya yaitu :

"Rekaman itu telah menunjukkan bahwa pesawat berusaha membuat jalur sendiri dengan tiba-tiba untuk menghindari apartemen dan bangunan di kota ini. Terima kasih banyak kepada pilot yang telah menyelamatkan kabupaten Nankang".

"Semoga Perjalananmu damai Pahlawan. Anda membuat keputusan yang terbaik dengan menyelamatkan banyak orang"

Menurut salah satu media Taiwan, Liao, adalah ayah dari seorang anak laki-laki yang berusia 9 tahun, berasal dari sebuah keluarga miskin di di Taiwan tengah, di mana ia membantu orang tuanya menjual pakaian di sebuah pasar malam. Setelah lulus dari sekolah kejuruan, Liao belajar selama bertahun-tahun untuk mendapatkan lisensi pilot nya dan memasuki angkatan udara. Dan akhirnya menjadi pilot dari pesawat komersial terbesar di Taiwan, China Airlines, sebelum akhirnya Ia bergabung dengan TransAsia. Menurut pejabat penerbangan setempat, Liao telah memiliki 4.916 jam pengalaman terbang.

Semoga saja peristiwa jatuhnya pesawat Air Asia (Indonesia) dan pesawat TransAsia (Taiwan) merupakan yang terakhir dan kejadian serupa tidak ada lagi... amin..., Semoga arwah para penumpang yang telah meninggal mendapatkan ketenangan dan mendapatkan tempat yang layak di sisiNya.. Amin,  Softmadia

Posting Komentar

 
Top